Friday, February 19, 2016

Tentang Niat Mandi Besar Atau Wajib Secara Umum


NIAT MANDI WAJIB



Disini saya akan membahas tentang niat-niat mandi besar atau hadas besar secara umum. Mandi wajib adalah membasuh seluruh anggota tubuh mulai dari ujung rambut sapai ujung kaki, dengan menggunakan air yang suci lagi menyucikan sambil berniat menghilangkan hadas-hadas besar. Adapun doa nya sebagai berikut:


Niat Mandi Besar Secara Umum


نو يت ا لغسل لر فع ا لحد ث الأ كبر فر ضل لله تعل لى 

"Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar, fardlu karena Allah Ta´ala".


Catatan: Niat ini dapat berlaku kesemua mandi wajib atau mandi hadas besar, dapat pula dengan niat khusus sebagaimana niat yang tertulis dibawah ini:


Niat Mandi Jinabah


نو يت ا لغسل لر فع ا لحد ث الأ كبر من ا لجن بة فر ضل لله تعل لى

"Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah fardlu karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Haidl


نو يت ا لغسل لر فع ا لحد ث الأ كبر من لحيض فر ضل لله تعل

"Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Nifas


نو يت ا لغسل لر فع ا لحد ث الأ كبر من ا لنفا س فر ضا لله تعا لى

"Aku niat mandi menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Wiladah


نو يت ا لغسل لر فع ا لحد ث الأ كبر من الو لا د ة فر ضا لله تعا لى

"Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas wiladah, fardlu karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Sholat Jum'at


نو يت ا لغسل لصلا ة ا لجمعة سنة لله تعا لى

"Aku niat mandi untuk shalat jum'at, sunnah karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Shalat 'Idul Fitri


نو يت ا لغسل لعيد ا لفطر سنة لله تعا لى

"Aku niat mandi untuk shalat 'idul fitri, sunnah karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Shalat 'Idul Adha


نو يت ا لغسل لعيد ا لأ ضىحى سنة لله تعا لى

"Aku niat mandi untuk shalat 'idul adha, sunnah karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Sholat Istisqo'


نو يت ا لغسل لصلا ة ا لإ ستسقا ء سنة لله تعا لى

"Aku niat mandi untuk shalat  'istisqo, sunnah karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Shalat Gerhana Matahari


نو يت ا لغسل لصلا ة ا لكسو ف سنة لله تعا لى

"Aku niat mandi untuk shalat gerhana matahari, sunnah karena Allah Ta'ala".


Niat Mandi Shalat Gerhana Rembulan


نو يت ا لغسل لصلا ة ا لخسو ف سنة لله تعا لى

"Aku niat mandi untuk shalat gerhana rembulan, sunnah karena Allah Ta'ala".



Keterangan:
  • Niat adalah menghendaki suatu pekerjaan (seperti shalat, wudlu) disertai dengan pekerjaan itu sendiri. Niat memiliki arti yang sangat penting dalam suatu ibadah, tanpa niat ibadah tidak sah.
  • Masalah niat tidak harus dalam bahasa arab, boleh dengan bahasa apa saja, seperti bahasa indonesia, Aceh, Jawa, Melayu, Inggris,dll.
  • Dalam setiap ibadah wajib maupun sunnah, hukumnya menyertakan niat adalah wajib.

No comments: